Sari Cuka Apel Bisa Bantu Atasi Jerawat

Ada banyak resep kecantikan yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. Namun, bagaimana dengan sari cuka apel? Dari baunya saja rasanya kurang nyaman jika harus memakainya di wajah.

Walau begitu, ada mitos yang menyebut sari cuka apel cukup efektif untuk mengempiskan jerawat.

Dermatolog tersertifikasi dari New York, Sejal Shah, MD mengatakan, memang tidak ada pembuktian secara ilmiah bahwa sari cuka apel bisa mengatasi jerawat. Tapi, hal itu bukan berarti tidak bisa.

Sari cuka apel mengandung bahan-bahan yang seringkali direkomendasikan para dermatolog untuk mengatasi jerawat.

Meskipun tidak ada studi penunjang, namun asam asetat yang terkandung dalam sari cuka apel memiliki khasiat antibakterial dan kandungan keratolitik yang bisa menghilangkan luka pada kulit.

Dengan kata lain, sari cuka apel berpotensi mengatasi jerawat dari sumbernya.

Dermatolog tersertifikasi dari New York, Ellen Marmur, MD menilai sari cuka apel mungkin membantu dalam mengatasi tipe beruntusan kulit tertentu.

“Aku tidak tahu apakah sari cuka apel benar-benar bisa mengatasi jerawat, tapi aku percaya bahan-bahannya bisa membantu mengeringkan komedo putih,”

Marmur menjelaskan, sari cuka apel mengandung asam organik, seperti lactic, citric, malic acids, dan acetic acid yang mungkin cukup efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Alpha hydroxy acids (AHAs) tersebut mampu mengeksfoliasi kulit, mengelupas sel-sel kulit mati dan menghasilkan lapisan kulit yang sehat.

Sari cuka apel diyakini juga bisa membantu mengatasi luka bekas jerawat. Noda tersebut terbuat dari kelebihan pigmen. Dengan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, pigmen yang tidak dibutuhkan akan terkikis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Berhenti Mengonsumsi Pemanis Buatan Inilah Hal Yang Akan Terjadi

Pemanis buatan kerap digunakan sebagai alternatif gula murni. Banyak orang beranggapan, pemanis buatan dapat membantu menurunkan berat badan dan tekanan darah tinggi karena mengandung kalori kosong. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan juga berefek negatif pada kesehatan kita. Melansir Hello Sehat, BPOM sudah mengatur penggunaan pemanis buatan. Contohnya aspartam, batas konsumsinya per hari adalah 40 […]

Pertolongan Pertama Mengatasi Diare

Diare atau frekuensi buang air besar lebih dari beberapa kali sehari, merupakan gangguan pencernaan paling sering dialami. Pada sebagian besar kasus, diare bisa diatasi dengan “pengobatan rumahan” dan cukup istirahat. Berikut adalah beberapa cara mengatasi diare. Jika diare sudah lebih dari dua hari atau tubuh sangat lemah karena dehidrasi, jangan tunggu waktu untuk segera ke […]